NIC dan Inter-VLAN.

NIC (Network Interface Card)
Related image

NIC (Network Interface Card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. NIC dipasangkan pada sebuah slot yang tedapat di dalam motherboard komputer. NIC menggunakan port yang dikenal sebagai port RJ – 45, yang berfungsi sebagai port dalam menghubungkan kabel ataupun antenna wireless di dalam sebuah komputer, agar komputer tersebut bisa terhubung ke dalam jaringan. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik (NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya), dan NIC yang bersifat logis (loopback adapter dan Dial-up Adapter).

NIC Fisik
NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express.

Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni:
  1. Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).
  2. Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).
Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).

NIC Logis
NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC. Contoh dari perangkat NIC logis adalah loopback adapter (dalam sistem operasi Windows, harus diinstalasikan secara manual atau dalam sistem operasi keluarga UNIX, terinstalasi secara default, dengan nama interface lo) dan Dial-up adapter (yang menjadikan modem sebagai sebuah alat jaringan dalam sistem operasi Windows). Kartu NIC logis ini dibuat dengan menggunakan teknik emulasi.

Fungsi NIC
  • Sebagai media pengirim data dari satu komputer ke komputer lainnya
  • Sebagai pengontrol data flow antar komputer yang menggunakan sistem kabel jaringan
  • Menerima data dari komputer lain
Inter-VLAN
inter-VLAN routing adalah proses memforward traffic network dari satu VLAN ke VLAN lain menggunakan router. VLAN diasosiasikan dengan ip subnet yang unik pada network. Konfigurasi subnet akan memfasilitasi proses routing pada lingkungan beberapa VLAN. Secara tradisional LAN routing menggunakan router dengan beberapa interface physical. Setiap interface harus dihubungkan dengan network yang berbeda dan dikonfigurasikan dengan subnet yang berbeda. Dalam network tradisional yang menggunakan beberapa VLAN, untuk mensegmentasi network traffic menjadi broadcast domain logical, routing ditunjukkan dengan menghubungkan interface physical router yang berbeda ke port physical switch yang berbeda pula. Port switch terhubung dengan router dalam mode interface port. Router on a stick adalah salah satu jenis konfigurasi router yang mana sebuah interface physical merouting traffic antara beberapa VLAN pada network. Router interface dikonfigurasikan untuk beroperasi sebagai link trunk dan terhubung dengan sebuah port switch dalam mode trunk. Router menunjukkan inter-VLAN routing dengan menerima traffic VLAN yang telah di tag pada interface trunk dari switch dan secara internal merouting antar VLAN menggunakan sub-interface. Kemudian router akan memforward traffic VLAN yang di tag menuju VLAN tujuan pada interface physical yang sama.

Sub-interface adalah beberapa interface virtual yang diasosiasikan dengan interface physical. Sub-interface ini dikonfigurasikan dengan software pada router yang secara independent dikonfigurasikan dengan ip address dan VLAN untuk beroperasi pada VLAN tertentu. Sub-interface dikonfigurasikan untuk beberapa subnet yang berbeda namun berhubungan dengan VLAN lain yang memfasilitasi routing secara logical sebelum frame data di tag VLAN dan dikirimkan ke physical interface.


Langkah-langkah untuk mengkonfigurasi router sebagai berikut:

Router>ena
Router#conf t
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
Router(config)#int fa 0/1
Router(config-if)#ip address 10.1.1.1 255.255.255.0
Router(config-if)#exit
Router(config)#int fa0/1.10
Router(config-subif)#encap dot1q 10
Router(config-subif)#ip address 10.1.10.1 255.255.255.0
Router(config-subif)#exit
Router(config)#int fa0/1.20
Router(config-subif)#encap dot1q 20
Router(config-subif)#ip address 10.1.20.1 255.255.255.0
Router(config-subif)#exit
Router(config)#int fa0/1.30
Router(config-subif)#encap dot1q 30
Router(config-subif)#ip address 10.1.30.1 255.255.255.0
Router(config-subif)#exit
Router(config)#int fa0/1.67
Router(config-subif)#encap dot1q 67
Router(config-subif)#ip address 10.1.67.1 255.255.255.0
Router(config-subif)#exit
Router(config)#duplex full
^
% Invalid input detected at ‘^’ marker.

Router(config)#int fa 0/1
Router(config-if)#duplex full
Router(config-if)#no shutdown
%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/1, changed state to up
%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/1.10, changed state to up
%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/1.20, changed state to up
%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/1.30, changed state to up
%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/1.67, changed state to up
Router(config-if)#do write
Building configuration…
[OK]
Router(config-if)#exit
Router(config)#exit
Router#
%SYS-5-CONFIG_I: Configured from console by console.


Referensi: 
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_jaringan
  • https://1m4n54.wordpress.com/2011/12/19/inter-vlan-routing/

Komentar

Postingan Populer